Minggu, 18 Oktober 2015

KEIKUTSERTAAN LOMBA SDGNCF 2015

"SUAREKSWA CHOIR"
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Politeknik ATK Yogyakarta.

Berawal dari usaha Pembina dan Pelatih untuk persiapan mengisi acara ceremonial Wisuda di kampus dan kegiatan-kegiatan ceremonial yang lain, yang setiap tahunnya selalu membutuhkan keikut sertaan sebuah Paduan Suara, akhirnya berinisiatif memberanikan diri untuk mendirikan sebuah paduan suara mahasiswa pada tanggal 12 April 2007, dengan nama Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ATK Yogyakarta.. Dengan segala cara dan usaha yang tidaklah gampang untuk mengumpulkan mahasiswa yang ingin dan mau bernyanyi hingga menawarkan pada mahasiswa disela-sela jam kuliah. Sampai pada saat ini, usaha tersebut akhirnya bisa berjalan dengan baik. Walau kadang pasang surut anggota yang berminat masuk ke dalam nya tidaklah banyak. Ditambah sumber daya manusia nya juga sangatlah kurang. Baek dalam jumlah, maupun tentang pengetahuan di bidang tarik suara.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi, dimana Kampus ATK berubah menjadi Politeknik ATK. Perubahan status kampus, yang terjadi pada awal 2015 tersebut, mau tidak mau juga berpengaruh bagi PSM ATK. Maka PSM ATK pun beradaptasi mengalami perubahan nama, dari PSM ATK berubah nama menjadi "SUAREKSWA CHOIR" Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Politeknik ATK Yogyakarta.
Adapun makna kata 'Swarekswa' adalah Suara Ekspresi Jiwa.. Dimana setiap anggotanya ingin selalu menyeruakan ekspresi jiwa nya walau di dalam keterbatasan yang ada dalam dirinya. Dan inilah yang dijadikan semangat Paduan Suara ini menjalankan aktifitasnya sampai saat ini.

Seperti tujuan awal didirikannya, PSM hanya berfungsi sebagai pengisi acara ceremonial kampus saja, itupun masih banyak kekurangan penyanyi dan belum memiliki sistim pengurus, dan semua kepengurusan masih di tanggung oleh pembina dan pelatih, hingga pada awal tahun 2009, dibentuklah sistim kepengurusan yang sah dalam tatanan kepengurusan PSM. Dengan pembina tetap bapak R.L.M. Satrio Ari Wibowo dan Pelatih Bege Caroulus.

Waktu terus berlalu hingga munculah inisiatif dari pihak internal PSM untuk melakukan sebuah konser mini sebagai apresiasi tanggung jawab setiap kepengurusan di setiap akhir jenjang pergantian pengurus dan mengisi waktu senggang diluar acara ceremonial kampus, Akhirnya pada tanggal 17 November 2012 konser mini I, yang bertajuk "Panggilan dalam Nostalgia" dapat berlangsung dengan sukses. Hal inilah yang menjadi tonggak awal pencatatan prestasi dari PSM ATK Yogyakarta sampai sekarang.

 Beberapa prestasi yang pernah diraih SUAREKSWA CHOIR antara lain:

1. Sebagai pengisi tetap acara ceremonial kampus, seperti:
  - Acara Wisuda, Dies Natalis, Bulan Pemuda dan acara acara resmi   kampus       lain setiap tahunnya.
2. 2012 - sekarang; Menyelenggarakan Kompetisi menyanyi utk nternal ATK                                setiap tahun sebagai ajang pencarian bakat mahasiswa khususnya di                            bidang tarik suara.
3. 2012; 2013. Menyelenggarakan mini konser setiap akhir kepengurusan                         sebagai pertanggungjawaban pengurus dan persembahan bagi kampus atas                    perpindahan kepengurusan.
Saat ini sudah konser nya yang ke III pada tahun 2014.
4. Menyelenggarakan diklat Paduan suara kepada anggota sebagai dasar                                 pengetahuan anggota tentunya di bidang musik setiap penerimaan anggota               baru. Yang baru pertama kali terselenggara 2014.
5. Mengikuti Kompetisi Paduan suara tingkat Nasional dan memperoleh medali                 perunggu di kategori Mix Choir pada ajang SDNCF 4th Universitas                                       Diponegoro pada 2013.
6. Pengisi acara 17 agustus di Kementrian Perindustrian pada 17 agustus 2013
7. Tampil sebagai pengisi acara GKM IKM pada tanggal 12 november 2013
8. Meraih juara harapan I pada ajang Vocal Grup di Universitas Negeri                                    Yogyakarta pada 5 April 2014 pada acara dies natalies ke 50 UNY.
9. Prestasi yang terakhir adalah meraih 2 medali Bronze A sekaligus pada                           pada kategori Paduan Suara Dewasa (PSD) dan Lagu Rakyat(Folklor) pada             tanggal 17-19 September 2015 di ajang SDNCF 5th Universitas Diponegoro.

Hal ini menjadi tantangan baru bagi SUAREKSWA CHOIR untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraihnya. Perjuangan selama 5 bulan memberikan hasil yang sedikit mengobati lelahnya latihan yang dilewati selama ini. Banyak cerita di balik itu semua yang tak bisa penulis ceritakan satu persatu.

Tetapi hal yang tak ingi kami lupakan dan menjadi kebanggan bagi kami tentunya rasa syukur kami pada Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan yang terbaik bagi kami serta ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah berpartisipasi secara langsung atau tak langsung;
1. Orang tua yang memberikan restu bagi kami.
2. Pihak Poltek ATK Yogyakarta
3. Pembina SUAREKSWA CHOIR bapak R.L.M.S.Ari Wibowo Dan saudari Emilia selaku pendamping
4. Pelatih SUAREKSWA CHOIR ; Bege Carolus S. Yang senantiasa memberikan ilmu bagi kami.
5. Teman-teman penyanyi SUAREKSWA CHOIR.
6. Kru Offisial SUAREKSWA CHOIR yang bekerja keras demi suksesnya lomba kami
7. Teman-teman ikatan alumni SUAREKSWA CHOIR yang telah memberikan bantuan baik secara moral dan material.
8. Serta pihak-pihak lain yang telah memberikan bantuan.

Berikut beberapa foto kegiatan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar